• CONTOH KISI SOAL KELAS VIII PAS GANJIL (PG)

     

    PEMERINTAH KABUPATEN LEMBATA

    DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA

    SMPN 5 LEBATUKAN

     

    KISI-KIS PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER

    MATA PELAJARAN :             PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK & BUDI PEKERTI                                                                                             JENIS TES :  PG

    KELAS/SEMESTER :  VIII / I                                                                                                                                                                         JUMLAH SOAL: 40

    KOMPETENSI INTI

    KOMPETENSI DASAR

    INDIKATOR SOAL

    NO. SOAL

    BUTIR SOAL

    KUNCI

    TINGKAT KESUKARAN

    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

    3.1 Memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    3.2 Memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    3.3 Membandingkan paham Kerajaan Allah menurut harapan bangsa Israel dengan paham menurut Yesus.

     

     

     

     

     Disajikan teks Kej.3:8-15 peserta didik dapat menentukkan akibat dari ketidaksetiaan terhadap janji Allah

    1.     

    Perhatikan kutipan teks Kej 3:8-15 berikut ini!

     8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

    9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”

    10 Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

    11 Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”

     12 Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.” 13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.” 14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

    15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

    Berdasarkan teks di atas apa akibat langsung dari perbuatan Adam dan Hawa?

    a.  Memperoleh berkat dari Allah

    b.  Memperoleh hadiah dari Allah

    c.  Mendapatkan ucapan terima kasih dari Allah

    d. Mendapatkan kutukan dari Allah

     

    D

     

     

     

     

     

     

     

     

      Siswa dapat mengidentifikasi makna janji secara tepat

    2.     

    Janji memiliki makna sebagai …

    a. Sebuah ikatan yang didasari oleh perasaan iba, belas kasihan

    b. Sebuah ikatan yang didasari oleh perasaan sepenanggungan untuk menolong yang miskin

    c. sebuah ikatan yang didasari oleh rasa persaudaraan dan rasa cinta dan tanggung jawab, serta kemauan untuk membahagiakan orang lain

    d. Sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh para Caleg

    C

     

       Siswa dapat mengidentifikasi Makna Yesus Kristus sebagai Puncak pemenuhan Janji Allah

     

     

     

     

     

    3.     

    Dalam menjalankan misi-Nya, Yesus hadir sebagai Putera Allah yang diutus untuk menyelamatkan umat manusia dari belenggu dosa. Hal ini bermakna Yesus sebagai …

    a. Pemenuhan Janji Allah

    b. Nabi terakhir yang ada di dunia

    c. Satu-satunya Nabi yang hidup

    d. Yesus Kristus adalah malaikat dari Tuhan

    A

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Peserta didik dapat mengidentifikasi data yang menunjukkan bahwa Yesus sungguh manusia dengan benar

    4.     

    Dalam tradisi Gereja, Yesus dikatakan bahwa sungguh-sungguh manusia. Hal ini berarti Yesus …. Kecuali

    a. Memiliki garis keturunan atau nenek moyang

    b. Sama dengan manusia dalam hal dosa

    c. Merasakan sakit seperti  manusia

    d. Merasa sedih dan lapar

    B

     

    Siswa dapat mengidentifikasi pengertian paham Kerajaan Allah secara politis dengan tepat

    5.     

    Kerajaan Allah tidak dapat dimaknai secara perseorangan atau kelompok, Kerajaan Allah memiliki beragam pengertian berdasarkan paham-paham, salah satunya adalah paham politis yang memandang Kerajaan Allah sebagai …

    a. Kerajaan Allah yang damai dan sejahtera hanya akan terwujud bila Allah tampil sebagai seorang tokoh politik yang dengan gagah berani mampu memimpin bangsa Israel melawan penjajah Romawi dan para penindas rakyat.

    b. Kerajaan Allah akan terwujud apabila Allah berkuasa

    c. Allah tampil dengan kekuatan yang menggoncangkan muka bumi

    d. Tempat berdiam para kudus, malaikat dan Tuhan Yesus

    A

     

     Siswa dapat mengidentifikasi makna Kerajaan Allah menurut Yesus

    6.     

    Yesus dalam pewartaan Sabda-Nya selalu menekan tentang Kerajaan Allah. Menurut maknanya Kerajaan Allah yang dimaksudkan Yesus adalah … Kecuali

    a. Allah yang datang sebagai Raja sudah dekat

    b. Panggilan dan rahmat Allah dan manusia meresponnya dengan sikap iman

    c.Kerahiman Allah sebagai warta pengharapan

    d. Singgasana tempat bernaung Allah yang ada di Surga

    D

     

     Siswa dapat mengidentifikasi pengertian perumpamaan yang diajarkan Yesus

    7.     

    Dalam karya pewartaan-Nya Yesus memakai perumpamaan-perumpamaan untuk menyampaikan sabda-Nya. Pengertian dari perumpamaan-perumpamaan Yesus adalah …

    a. Firman yang langsung mengkritisi situasi hidup umat

    b. Firman yang mengenai situasi hidup umat namun memiliki makna yang berbeda

    c. Firman yang disampaikan langsung dari mulut Yesus

    d. Firman yang disampaikan lewat murid-murid Yesus

    B

     

     Siswa dapat mengidentifikasi contoh tindakan Yesus yang menunjukkan tanda-tanda kehadiran Kerajaan Allah

    8.    1

    Contoh tindakan Yesus yang menunjukkan tanda kehadiran Kerajaan Allah adalah…

    a. Menolak godaan setan di Padang Gurun

    b. Berpuasa di Padang Gurun

    c. Sikap Yesus terhadap pendosa dan kaum wanita

    d. Semua jawaban benar

    D

     

     

    3.2 Memahami tugas Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan

     Siswa dapat mengidentifikasi makna di balik tindakan Yesus mengunjungi Zakheus

    9.    1

    Yesus mau berkunjung dan makan malam bersama Zahkeus karena …

    a. Yesus mau menunjukkan Kerajaan Allah terbuka ke pada siapa saja yang mau datang

    b. Yesus merasa iba dengan Zakheus yang pendek

    c. Yesus ingin menjumpai isteri dan anak-anak Zakheus

    d. Yesus hanya ingin mengunjunginya saja karena Zakheus masih berkerabat dekat dengan Maria ibu Yesus

    A

     

     Disajikan penggalan teks Kitab Suci, peserta didik mampu mengidentifikasi makna mukjizat Yesus membangkitkan anak seorang janda di Nain

    10.              

    Bacalah penggalan teks Kitab Suci berikut!

          Yesus Membangkitkan Anak Seorang Janda                         di Naim (Luk  7 : 11 – 17

     

    7:11 Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong.

    7:12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.

    7:13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!"

    7:14 Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!"

    7:15 Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.

    7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."

    7:17 Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.

    Makna mukjizat Yesus berdasarkan teks tersebut adalah…

    a.       Allah berkuasa atas kehidupan dan kematian manusia.

    b.      Yesus  mau menunjukkan kehebatan-Nya

    c.       Yesus mau membungkam para pengkritik seperti ahli taurat;

    d.      Yesus mau supaya semua orang percaya

    A

     

     Siswa dapat mengidentifikasi sabda dan tindakan Yesus

    11.              

    Dalam karya pewartaan-Nya Yesus selalu menyeimbangkan sabda dan perbuatan-Nya. Makna dibalik perbuatan Yesus ini adalah …

    a. Agar dilihat oleh ahli taurat

    b. Agar diakui sebagai Nabi

    c. Mengajarkan kepada pengikut-Nya bahwa ada kesatuan Karya dan Sabda yang tak terpisahkan

    d. Supaya kita sadar bahwa Yesus adalah tokoh panutan

    C

     

     Siswa dapat mengidentifikasi contoh perumpamaan Yesus tentang Kerajaan Allah

    12.              

    Contoh-contoh perumpamaan Yesus yang menggambarkan Kerajaan Allah dalam Kitab Suci adalah perumpamaan tentang…Kecuali

    a. kelahiran Yesus

    b. pukat

    c. di antara gandum

    d. benih yang tumbuh

    A

     

    Disajikan penggalan teks Kitab Suci, Mat. 13 : 44 – 46, peserta didik menentukan makna perumpamaan tersebut.

    13.              

    Bacalah penggalan teks Kitab Suci berikut!

              Mutiara dan Harta yang Terpendam (Mat 13 : 44 – 46)

    13:44 "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.

    13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah.

    13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.

     

    Makna perumpamaan berdasarkan teks tersebut adalah..

    a.       Mengumpulkan harta adalah kewajiban manusia;

    b.      Manusia  harus memandang Allah sebagai harta yang paling berharga;

    c.       Harta yang banyak dapat memberi kebahagian pada manusia;

    d.      Harta duniawi dan surgawi harus seimbang.

    B

     

    Siswa dapat menyebutkan syarat- syarat dalam mengikuti Yesus

    14.              

    Dalam Sabda-Nya Yesus mengatakan untuk menjadi pengikutnya harus …

    a.       Menyangkal diri, memikul salib dan berdoa

    b.      Berdoa, berderma dan berkurban

    c.       Menyangkal diri, berdoa dan memikul salib

    d.      Menyangkal diri, memikul salib dan mengikuti-Nya

     

           D

     

    Peserta didik dapat menyebutkan bentuk panggilan yang sumbernya dari dalam diri seseorang  yang harus dijalani.

    15.              

    Salah satu bentuk panggilan yang sumbernya dari dalam diri seseorang yang harus dijalani adalah…

    a.       Merasa keharusan untuk melakukan sesuatu yang baik.

    b.      Merasa panggilan itu mendatangkan kemenangan.

    c.       Orang merasa panggilan itu mendatangkan keuntungan

    d.      Merasa tugas yang diberikan istimewah.

    A

     

    Peserta didik dapat mengidentifikasi alasan panggilan Yesus terhadap orang beriman

    16.              

    Yesus memanggil Murid-murid-Nya dan membentuk komunitas dua belas Rasul. Sampai sekarang Yesus masih memanggil murid-muridnya/ orang beriman, karena………

    a.       Kerajaan  Allah tidak berkembang

    b.      Dunia terlalu luas untuk karya kerasulan

    c.       Pewartaan Kerajaan Allah belum selesai

    d.      Orang tidak mau jadi misionaris.

    C

     

    Peserta didik dapat menemukan hal menaaik dalam pengalaman panggilan para rasul.

    17.              

    Hal yang menarik dari pengalaman panggilan para rasul  adalah ….

    a.       Panggilan selalu berawal oleh Yesus.

    b.      Tanggapan para rasul selalu tawar menawar untuk mengikuti Yesus.

    c.       Orang yang dipanggil Yesus berasal dari kalangan keluarga.

    d.      Panggilan selalu berawal kemauan para rasul..

    A

     

     

    3.4 Memahami panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah

     

    Berdasarkan data peserta didik dapat menentukan cirri hidup jemaat perdana dengan tepat

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    18.              

    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

    1.   Unsur pemersatu pesekutuan adalah Roh Kudus.

    2.   Setiap anggota selalu merasa sehati sejiwa dan tidak ada perbedaan latar belakang.

    3.   Pemimpin Jemaat memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggota.

    4.   Merasa milik pribadi menjadi milik bersama.

    5.   Pelayanan selalu mengarah kepada anggota Jemaat.

    6.   Selalu bertanggung jawab terhadap tugas panggilan berkaitan dengan kedudukan.

    7.   Selalu mengutamakan doa bersama dan melayani satu sama lain.

    Ciri hidup Jemaat perdana ditandai nomor ……

    a.       1 – 2 – 4 – 5     

    b.      1 – 2 – 4 – 7

    c.       3 – 5 – 6 – 7

    d.      4 – 5 – 6 – 7

    B

     

     

    19.              

     

     

     

     

     

     

     

    Persekutuan jemaat perdana bukan merupakan perkumpulan yang eksklusif melainkan …

    a.       Terbuka

    b.      Terselubung

    c.       Tertutup

    d.      Terhimpit

     

         A

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Siswa dapat menerapkan nilai- nilai positif dalam kehidupan sehari- hari dari cara hidup jemaat pertama

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    20.              

    Nilai-nilai positif dapat kita petik dari cara hidup jemaat dan harus kita terapkan dalam kehidupan di lingkungan …

    a.       KBG karena ini berkaitan dengan pengalaman religius

    b.      Sekolah sebagai pedoman hidup komunitas kecil

    c.       Stasi karena merupakan unit sebelum paroki

    d.      Di mana saja kita berada, karena teladan hidup jemaat perdana menyentuh berbagai aspek

         D

     

    Siswa dapat menjelaskan makna tugas perutusan Yesus kepada murid- murid-Nya menurut kitab suci

    21.              

    1.         Makna pernyataan Yesus, “Aku mengutus kamu ke tengah-tengah Srigala” artinya  mewartakan Kerajaan Allah pada situasi dan kondisi …..

    a.       Nyaman  dan tenang

    b.      Memungkinkan  masuknya  Sabda Allah.

    c.       membelenggu penguasa.

    d.      penuh tantangan dan resiko.

    D

     

    Disajikan kasus, peserta didik dapat menunjukkan arti dan makna dari tugas perutusan sebagai murid Yesus.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    22.              

    Bacalah teks berikut!

    Kenzie adalah seorang anak yang pandai, ia sering diminta untuk menjadi putra-putri altar bahkan ia juga tidak menolak jika diminta untuk menjadi Lektor di Gereja. Sikap Kenzie ini mendapat pujian dari guru bahkan umat disekitarnya. Hal yang dilakukan Kenzie merupakan perwujudan dari tugas…

    a.       Perutusan murid Yesus dalam kehidupan sehari-hari

    b.      Karya bakti Gereja

    c.       Misdinar dan Lektor

    d.      Pokok Gereja

     

          A

     

    Menjelaskan alasan seseorang menolak sebuah  tugas perutusan

    23.              

    Alasan seseorang menolak tugas perutusan dari orang lain dalam bentuk apapun adalah….

    a.    Kurang percaya diri dan takut gagal

    b.    Bangga karena dipercaya

    c.    Menganggap orang lain kurang percaya diri.

    d.    Mau menunjukkan pribadi yang berani.

    A

     

    Menjelaskan makna sebuah perutusan dari pihak yang mengiutus.

    24.              

    Makna tugas perutusan seseorang dari pihak yang mengutus adalah ….

    a.       Kesanggupan seseorang menjadi dasar pertimbangan untuk keberhasilan.

    b.      Mengenal pribadi dan kemampuan orang yang diutus, sehingga tugas yang diberikan bisa dilaksanakan.

    c.       Orang yang diutus merasa bahwa dirinya menjdi satu-satunya yang mampu.

    d.      Kemampuan yang dimiliki melebihi kepandaian orang lain.

    B

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    25.              

    Tujuan Yesus memanggil  dan mengutus para murid-Nya ke tengah dunia adalah.......

    a.    Berdoa bagi umat manusia agar mereka bersatu

    b.    Mengumpulkan orang banyak untuk di baptis

    c.    Menjadikan umat manusia berdoa menurut agamanya.

    d.    Mewartakan Kerajaan Allah yang penuh damai dan solider.

     

    D

     

    Peserta didik dapat menjelaskan arti Yesus mengutus murid-murid-Nya berdua-dua

     

     

     

     

     

     

     

    26.              

    Yesus mengutus para murid berdua-dua, artinya ….

    a.       Mewartakan Kerajaan Allah adalah tugas dan tanggung jawab umat beriamn.

    b.      Karya pewartaan merupakan tanggung jawab bersama dari orang-orang yang terpanggil.

    c.       Mengikut sertakan orang lain dalam tugas perutusan agar lebih berani.

    d.      Berdua-dua dalam tugas perutusan lebih baik dari pada sendiri.

     

     

    A

     

    Peserta didik dapat menyebutkan semangat yang dituntut Yesus dalammenjalankan tugas perutusan

     

     

     

     

     

     

     

    27.              

    Semangat yang dituntut Yesus bagi anggota gereja dalam menjalankan tugas perutusan di zaman sekarang, adalah…..

    a.       Sukuisme, rendah hati, solider

    b.      Egoisme, kasih sayang, persatuan

    c.       Kesederhanaan, kebijaksanaan, kebersamaan.

    d.      Kebijaksanaan, kekuatan, hedonisme.

     

    C

     

    Peserta didik dapat menyebutkan contoh tugas perutusan seorang pelajar di sekolah.

    28.              

    Contoh penghayatan tugas perutusan yang dilakukan seorang remaja / pelajar di sekolah adalah….

    a.       Disiplin supaya dilhat guru;

    b.      Menyapu halaman tanpa disuruh oleh guru;

    c.       Menggajak teman pesiar pada saat pemberrsihan kelas

    d.      Rebut saat guru tidak masuk kelas.

    B

     

    Menjelaskan kisah perjalanan hidup Yesus.

    29.              

    Yesus meninggalkan ketenangan keluarga di Nazareth dan mulai mengembara sebagai awal perubahan hidup yang ditandai dengan …..

    a.       Berdoa di Taman Getzemani

    b.      Pembabtisan oleh Yohanes

    c.       Wafat di Kayu Salib

    d.      Kebangkitan

    B 

     

    Menyebutkan orang – orang yang menolak pewartaan Yesus.

    30.              

    2.         Orang – orang yang menolak pewartaan Yesus tentang Kerajaan Allah..

    a.       Para fakir miskin dan terlantar, kaum pendosa..

    b.      Para Penguasa dan Orang Kaya / mapan, imam-imam kepala, ahli Taurat.

    c.       Orang kaya, kaum pendosa, ahli-ahli taurat.

    d.      Kaum perempuan dan anak-anak.

    B 

     

    Menyebutkan sikap Yesus terhadap orang yang menolak pewartaan-Nya.

    31.              

    3.         Sikap Yesus terhadap orang-orang yang menolak pewartaan-Nya adalah….

    a.    Jengkel dan penuh kesabaran

    b.    Marah dan mengutuk

    c.    Sabar dan pasrah pada kehendak Allah.

    d.    Cemburu dan menjauhkan diri dari orang banyak.

    C 

     

    Menyebutkan dua peristiwa penting sebelum  sengsara dan wafat Yesus.

    32.              

    Dua peristiwa penting sebelum sengsara dan wafat Yesus adalah …

    a.       Perjamuan Malam Terakhir dan drama Penyaliban.

    b.      Petrus menyangkal Yesus dan Yudas Iskariot

    c.       Istana Pilatus dan Pengadilan Herodes.

    d.      Perjamuan Malam Terakhir dan kisah Taman Zaitun.

    D 

     

     

    3.4    Memahami makna peristiwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaan-Nya

    Disajikan sebuah kisah kehidupan, siswa dapat menginterpretasi kisah tersebut.

     

     

     

     

     

     

    33.              

    Bacalah kisah berikut dengan saksama!!

    Upik salah seorang siswa yang berkecukupan. Setiap hari selalu membawa uang jajan ke sekolah, tidak seperti teman-temannya yang tidak ada uang jajan. Ia hidup dalam serba kecukupan, di sekolah pun ia selalu membagi jajannya kepada teman-temannya. Suatu hari, suatu hari Upik mengalami kecelakaan, tangan kanannya patah dan ia merontah-rontah,marah-marah, ditambah lagi ketika ia tergeletak tak berdaya di kasurnya, tak seorang pun temannya yang datang menjenguknya. Mulai saat itu, ia jengkel dengan Tuhan dan teman-temannya atas penderitaannya.

          

         Berdasarkan kisah tersebut, sikap Upik terhadap penderitaan adalah.....

    a.       Menerima diri apa adanya               

    b.      Penderitaan sebagai beban.

    c.       Tabah menghadapi penderitaan     

    d.      suka menolong

    B 

     

    Menjelaskan makna sengsara dan wafat Yesus

    34.              

    Makna sengsara Yesus bagi kehidupan kita adalah........

    a.    Allah menguji kesetiaan PutraNya dalam melaksanakan tugas-Nya

    b.   Bentuk solider dan keprihatinan Allah terhadap manusia.

    c.    Membebaskan bangsa israel dari perbudakan Mesir

    d.   Membebaskan manusia dari tekanan kaum penguasa

    B 

     

    Peserta didik dapat menunjukkan harapanYesus kepada ssetiap orang setelah menerima rahmat pencurahan Roh Kudus

    35.              

    Harapan  Yesus kepada Anda sebagai siswa setelah menerima rahmat pencurahan Roh Kudus?

    a.       Menjunjung tinggi dan mentaati aturan sekolah sesuka hati.

    b.      Datang tepat waktu di sekolah tetapi tidak membersihkan lingkungan sekolah.

    c.       Meminjam catatan teman dengan baik namun tidak mengembalikan tepat waktu.

    d.      Menghormati dan mencintai orang tua dan guru yang telah mengasuh dan mendidik dengan baik dan benar.

    D

     

     

    Disajikan sebuah gambar siswa dapat menunjukkan terjadinya peristiwa turunnya Roh Kudus

    36.              

    Perhatikan gambar di atas!!

     

    Gambar di atas menunjukkan terjadinya peristiwa…..

    A.  Roh Kudus turun atas para murid dan Bunda Maria

    B.  Suasana perjamuan malam terakhir

    C.  Yesus menyampaikan amanat agung sebelum terangkat ke surga

    D.  Persiapan perutusan ketujuhpuluh murid.

    A 

     

    Peserta didik dapat menyebutkan untur utama pemersatu

    37.              

    Unsur utama pemersatu para rasul dan murid Yesus adalah.........

    a.       Pengalaman bersama

    b.      bakat dan kemampuan   

    c.       Roh Kudus  

    d.      merasa senasib dan sepenanggungan

    C 

     

    Peserta didik dapat menyebutkan peran Roh Kudus dalam perjalanan dan karay pelayanan Gereja pada masa kini.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    38.              

    Peran Roh Kudus dalam perjalanan dan karya pelayanan Gereja pada masa kini nyata dalam …

    a.      Ungkapan doa dan simbol yang diigunakan dalam ibadat gereja.

    b.      Penbgembangan gereja dan kemajuan umat dalam berbagai aspek kehidupan.

    c.      Kehadiran para imam di tengah umat dalam mengatsi persoalan.

    d.      Semua anggota gereja mempunyai kewajiban untuk melindungi gereja.

     

    A

     

     

    3.5    Memahami peran Roh Kudus pada gereja perdana dan gereja masa kini

    Peserta didik dapat menyebutkan  Roh Kudus membimbing umat-Nya pada masa sekarang

    39.              

    Roh Kudus membimbing umat-Nya pada masa sekarang  melalui …..

    a.       Sabda-Nya  dalam KS.

    b.      Harta duniawi.

    c.       bimbingan khusus agar memiliki kekuatan gaib.

    d.      Bimbingan khusus lewat orang lain yang memiliki kemampuan dan berpendidikan tinggi.

     

    A 

     

    Peserta didik dapat menunjukkan hal yang harus dikembangkan agar peka terhadap kehadiran Roh Kudus

    40.              

    Hal yang perlu dikembangkan agar peka terhadap kehadiran Roh Kudus  adalah ….

    a.  Menjalani hidup doa bila ada kesempatan.

    b.  Memiliki sikap kesungguhan hati untuk memiliki harta melimpah.

    c.  Percaya penuh kepada Tuhan bahwa Ia akan membimbing kita dalam membedahkan roh.

    d.  Senantiasa mencari dan menjalin relasi dengan alam gaib.

    C 

     

     

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pages

Unordered List

Recent Posts