PEMERINTAH KABUPATEN LEMBATA
DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN
OLAHRAGA
SMPN 5 LEBATUKAN
KISI-KIS PENULISAN SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA
KATOLIK & BUDI PEKERTI JENIS
TES : PG
KELAS/SEMESTER
: VIII / I JUMLAH
SOAL: 40
|
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR SOAL |
NO. SOAL |
BUTIR SOAL |
KUNCI |
TINGKAT KESUKARAN |
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
3.1
Memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran
Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi
manusia 3.2
Memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus
sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia. 3.3
Membandingkan paham Kerajaan Allah menurut harapan bangsa Israel dengan paham
menurut Yesus. |
Disajikan teks Kej.3:8-15
peserta didik dapat menentukkan akibat dari ketidaksetiaan terhadap janji
Allah |
1.
|
Perhatikan kutipan teks Kej 3:8-15 berikut ini! 8 Ketika mereka mendengar bunyi
langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari
sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di
antara pohon-pohonan dalam taman. 9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya:
“Di manakah engkau?” 10 Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman
ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” 11 Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau
telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan
itu?” 12 Manusia itu menjawab:
“Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon
itu kepadaku, maka kumakan.” 13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada
perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular
itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.” 14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah
kepada ular itu: “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di
antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah
engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu. 15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini,
antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu,
dan engkau akan meremukkan tumitnya.” Berdasarkan teks di atas apa akibat langsung dari perbuatan Adam dan
Hawa? a. Memperoleh berkat dari Allah b. Memperoleh hadiah dari Allah c. Mendapatkan ucapan terima
kasih dari Allah d. Mendapatkan kutukan dari Allah |
D |
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi
makna janji secara tepat |
2.
|
Janji memiliki makna sebagai … a. Sebuah ikatan yang didasari oleh perasaan iba, belas kasihan b. Sebuah ikatan yang didasari oleh perasaan sepenanggungan untuk
menolong yang miskin c. sebuah ikatan yang didasari oleh rasa persaudaraan dan rasa cinta
dan tanggung jawab, serta kemauan untuk membahagiakan orang lain d. Sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh para Caleg |
C |
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi
Makna Yesus Kristus sebagai Puncak pemenuhan Janji Allah |
3.
|
Dalam menjalankan misi-Nya, Yesus hadir sebagai Putera Allah yang
diutus untuk menyelamatkan umat manusia dari belenggu dosa. Hal ini bermakna
Yesus sebagai … a. Pemenuhan Janji Allah b. Nabi terakhir yang ada di dunia c. Satu-satunya Nabi yang hidup d. Yesus Kristus adalah malaikat dari Tuhan |
A |
|
||
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi data yang menunjukkan bahwa Yesus
sungguh manusia dengan benar |
4.
|
Dalam tradisi Gereja, Yesus dikatakan bahwa sungguh-sungguh manusia.
Hal ini berarti Yesus …. Kecuali a. Memiliki garis keturunan atau nenek moyang b. Sama dengan manusia dalam hal dosa c. Merasakan sakit seperti
manusia d. Merasa sedih dan lapar |
B |
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian paham Kerajaan Allah secara
politis dengan tepat |
5.
|
Kerajaan Allah tidak dapat dimaknai secara perseorangan atau kelompok,
Kerajaan Allah memiliki beragam pengertian berdasarkan paham-paham, salah
satunya adalah paham politis yang memandang Kerajaan Allah sebagai … a. Kerajaan Allah yang damai dan sejahtera hanya akan terwujud bila
Allah tampil sebagai seorang tokoh politik yang dengan gagah berani mampu
memimpin bangsa Israel melawan penjajah Romawi dan para penindas rakyat. b. Kerajaan Allah akan terwujud apabila Allah berkuasa c. Allah tampil dengan kekuatan yang menggoncangkan muka bumi d. Tempat berdiam para kudus, malaikat dan Tuhan Yesus |
A |
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi
makna Kerajaan Allah menurut Yesus |
6.
|
Yesus dalam pewartaan Sabda-Nya selalu menekan tentang Kerajaan Allah.
Menurut maknanya Kerajaan Allah yang dimaksudkan Yesus adalah … Kecuali a. Allah yang datang sebagai Raja sudah dekat b. Panggilan dan rahmat Allah dan manusia meresponnya dengan sikap iman c.Kerahiman Allah sebagai warta pengharapan d. Singgasana tempat bernaung Allah yang ada di Surga |
D |
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi
pengertian perumpamaan yang diajarkan Yesus |
7.
|
Dalam karya pewartaan-Nya Yesus memakai perumpamaan-perumpamaan untuk menyampaikan
sabda-Nya. Pengertian dari perumpamaan-perumpamaan Yesus adalah … a. Firman yang langsung mengkritisi situasi hidup umat b. Firman yang mengenai situasi hidup umat namun memiliki makna yang
berbeda c. Firman yang disampaikan langsung dari mulut Yesus d. Firman yang disampaikan lewat murid-murid Yesus |
B |
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi
contoh tindakan Yesus yang menunjukkan tanda-tanda kehadiran Kerajaan Allah |
8.
1 |
Contoh tindakan Yesus yang menunjukkan tanda kehadiran Kerajaan Allah
adalah… a. Menolak godaan setan di Padang Gurun b. Berpuasa di Padang Gurun c. Sikap Yesus terhadap pendosa dan kaum wanita d. Semua jawaban benar |
D |
|
||
|
|
3.2
Memahami tugas Yesus Kristus mewartakan
Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan |
Siswa dapat mengidentifikasi
makna di balik tindakan Yesus mengunjungi Zakheus |
9.
1 |
Yesus mau berkunjung dan makan malam bersama Zahkeus karena … a. Yesus mau menunjukkan Kerajaan Allah terbuka ke pada siapa saja
yang mau datang b. Yesus merasa iba dengan Zakheus yang pendek c. Yesus ingin menjumpai isteri dan anak-anak Zakheus d. Yesus hanya ingin mengunjunginya saja karena Zakheus masih
berkerabat dekat dengan Maria ibu Yesus |
A |
|
|
Disajikan penggalan teks Kitab
Suci, peserta didik mampu mengidentifikasi makna mukjizat Yesus membangkitkan
anak seorang janda di Nain |
10.
|
Bacalah penggalan teks
Kitab Suci berikut! Yesus Membangkitkan
Anak Seorang Janda di Naim (Luk 7 : 11 – 17 7:11 Kemudian Yesus pergi
ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan
Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong. 7:12 Setelah Ia dekat
pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak
tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai
janda itu. 7:13 Dan ketika Tuhan
melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata
kepadanya: "Jangan menangis!" 7:14 Sambil menghampiri
usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata:
"Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!" 7:15 Maka bangunlah orang
itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya. 7:16 Semua orang itu
ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi
besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat
umat-Nya." 7:17 Maka tersiarlah kabar
tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya. Makna mukjizat Yesus
berdasarkan teks tersebut adalah… a.
Allah
berkuasa atas kehidupan dan kematian manusia. b.
Yesus mau menunjukkan kehebatan-Nya c.
Yesus mau membungkam para pengkritik
seperti ahli taurat; d.
Yesus mau supaya semua orang percaya |
A |
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi
sabda dan tindakan Yesus |
11.
|
Dalam karya pewartaan-Nya Yesus selalu menyeimbangkan sabda dan
perbuatan-Nya. Makna dibalik perbuatan Yesus ini adalah … a. Agar dilihat oleh ahli taurat b. Agar diakui sebagai Nabi c. Mengajarkan kepada pengikut-Nya bahwa ada kesatuan Karya dan Sabda
yang tak terpisahkan d. Supaya kita sadar bahwa Yesus adalah tokoh panutan |
C |
|
||
|
Siswa dapat mengidentifikasi contoh
perumpamaan Yesus tentang Kerajaan Allah |
12.
|
Contoh-contoh perumpamaan Yesus yang menggambarkan Kerajaan Allah
dalam Kitab Suci adalah perumpamaan tentang…Kecuali a. kelahiran Yesus b. pukat c. di antara gandum d. benih yang tumbuh |
A |
|
||
|
Disajikan
penggalan teks Kitab Suci, Mat. 13 : 44 – 46, peserta didik menentukan makna
perumpamaan tersebut. |
13.
|
Bacalah penggalan teks
Kitab Suci berikut! Mutiara dan Harta
yang Terpendam (Mat
13 : 44 – 46) 13:44
"Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang
ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia
menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. 13:45
Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari
mutiara yang indah. 13:46
Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual
seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu. Makna perumpamaan
berdasarkan teks tersebut adalah.. a.
Mengumpulkan harta adalah kewajiban manusia; b.
Manusia
harus memandang Allah sebagai harta yang
paling berharga; c.
Harta yang banyak dapat memberi kebahagian pada
manusia; d.
Harta duniawi dan surgawi harus seimbang. |
B |
|
||
|
Siswa dapat menyebutkan syarat-
syarat dalam mengikuti Yesus |
14.
|
Dalam Sabda-Nya Yesus mengatakan untuk menjadi pengikutnya harus … a.
Menyangkal diri, memikul
salib dan berdoa b.
Berdoa, berderma
dan berkurban c.
Menyangkal diri,
berdoa dan memikul salib d.
Menyangkal diri,
memikul salib dan mengikuti-Nya |
D |
|
||
|
Peserta didik
dapat menyebutkan bentuk panggilan yang sumbernya dari dalam diri
seseorang yang harus dijalani. |
15.
|
Salah satu bentuk panggilan
yang sumbernya dari dalam diri seseorang yang harus dijalani adalah… a.
Merasa
keharusan untuk melakukan sesuatu yang baik. b.
Merasa
panggilan itu mendatangkan kemenangan. c.
Orang
merasa panggilan itu mendatangkan keuntungan d.
Merasa
tugas yang diberikan istimewah. |
A |
|
||
|
Peserta didik
dapat mengidentifikasi alasan panggilan Yesus terhadap orang beriman |
16.
|
Yesus memanggil Murid-murid-Nya
dan membentuk komunitas dua belas Rasul. Sampai sekarang Yesus masih
memanggil murid-muridnya/ orang beriman, karena……… a.
Kerajaan Allah tidak berkembang b.
Dunia
terlalu luas untuk karya kerasulan c.
Pewartaan
Kerajaan Allah belum selesai d.
Orang
tidak mau jadi misionaris. |
C |
|
||
|
Peserta didik
dapat menemukan hal menaaik dalam pengalaman panggilan para rasul. |
17.
|
Hal yang menarik dari
pengalaman panggilan para rasul adalah
…. a. Panggilan
selalu berawal oleh Yesus. b. Tanggapan
para rasul selalu tawar menawar untuk mengikuti Yesus. c. Orang
yang dipanggil Yesus berasal dari kalangan keluarga. d. Panggilan
selalu berawal kemauan para rasul.. |
A |
|
||
|
|
3.4
Memahami panggilan dan perutusan Yesus
Kristus kepada murid-murid-Nya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan
Allah |
Berdasarkan data
peserta didik dapat menentukan cirri hidup jemaat perdana dengan tepat |
18.
|
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut: 1. Unsur pemersatu pesekutuan adalah Roh Kudus. 2. Setiap anggota selalu merasa sehati sejiwa dan tidak ada perbedaan
latar belakang. 3. Pemimpin Jemaat memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan
dengan anggota. 4. Merasa milik pribadi menjadi milik bersama. 5. Pelayanan selalu mengarah kepada anggota Jemaat. 6. Selalu bertanggung jawab terhadap tugas panggilan berkaitan dengan
kedudukan. 7. Selalu mengutamakan doa bersama dan melayani satu sama lain. Ciri hidup Jemaat perdana ditandai nomor
…… a.
1 – 2 – 4 – 5 b.
1 – 2 – 4 – 7 c.
3 – 5 – 6 – 7 d.
4 – 5 – 6 – 7 |
B |
|
|
|
19.
|
Persekutuan jemaat perdana bukan merupakan perkumpulan yang eksklusif
melainkan … a.
Terbuka b.
Terselubung c.
Tertutup d.
Terhimpit |
A |
|
||
|
Siswa dapat menerapkan nilai- nilai
positif dalam kehidupan sehari- hari dari cara hidup jemaat pertama |
20.
|
Nilai-nilai positif dapat kita petik dari cara hidup jemaat dan harus
kita terapkan dalam kehidupan di lingkungan … a.
KBG karena ini
berkaitan dengan pengalaman religius b.
Sekolah sebagai
pedoman hidup komunitas kecil c.
Stasi karena
merupakan unit sebelum paroki d.
Di mana saja kita
berada, karena teladan hidup jemaat perdana menyentuh berbagai aspek |
D |
|
||
|
Siswa dapat menjelaskan makna tugas perutusan Yesus kepada murid-
murid-Nya menurut kitab suci |
21.
|
1.
Makna
pernyataan Yesus, “Aku mengutus kamu ke tengah-tengah Srigala” artinya mewartakan Kerajaan Allah pada situasi dan
kondisi ….. a.
Nyaman
dan tenang b.
Memungkinkan
masuknya Sabda
Allah. c.
membelenggu
penguasa. d.
penuh
tantangan dan resiko. |
D |
|
||
|
Disajikan kasus, peserta didik dapat menunjukkan arti dan makna dari
tugas perutusan sebagai murid Yesus. |
22.
|
Bacalah teks berikut! Kenzie adalah seorang anak yang pandai, ia sering diminta untuk
menjadi putra-putri altar bahkan ia juga tidak menolak jika diminta untuk
menjadi Lektor di Gereja. Sikap Kenzie ini mendapat pujian dari guru bahkan
umat disekitarnya. Hal yang dilakukan Kenzie merupakan perwujudan dari tugas… a.
Perutusan murid
Yesus dalam kehidupan sehari-hari b.
Karya bakti Gereja c.
Misdinar dan Lektor d.
Pokok Gereja |
A |
|
||
|
Menjelaskan alasan seseorang menolak sebuah tugas perutusan |
23.
|
Alasan seseorang
menolak tugas perutusan dari orang lain dalam bentuk apapun adalah…. a. Kurang
percaya diri dan takut gagal b. Bangga
karena dipercaya c. Menganggap
orang lain kurang percaya diri. d. Mau
menunjukkan pribadi yang berani. |
A |
|
||
|
Menjelaskan makna sebuah perutusan dari pihak yang mengiutus. |
24.
|
Makna tugas
perutusan seseorang dari pihak yang mengutus adalah …. a.
Kesanggupan seseorang menjadi dasar
pertimbangan untuk keberhasilan. b.
Mengenal pribadi dan kemampuan orang
yang diutus, sehingga tugas yang diberikan bisa dilaksanakan. c.
Orang
yang diutus merasa bahwa dirinya menjdi satu-satunya yang mampu. d.
Kemampuan
yang dimiliki melebihi kepandaian orang lain. |
B |
|
||
|
|
25.
|
Tujuan Yesus memanggil dan mengutus para murid-Nya ke tengah dunia
adalah....... a.
Berdoa
bagi umat manusia agar mereka bersatu b.
Mengumpulkan
orang banyak untuk di baptis c.
Menjadikan
umat manusia berdoa menurut agamanya. d.
Mewartakan
Kerajaan Allah yang penuh damai dan solider. |
D |
|
||
|
Peserta didik dapat menjelaskan arti Yesus mengutus murid-murid-Nya
berdua-dua |
26.
|
Yesus
mengutus para murid berdua-dua, artinya …. a.
Mewartakan
Kerajaan Allah adalah tugas dan tanggung jawab umat beriamn. b.
Karya
pewartaan merupakan tanggung jawab bersama dari orang-orang yang terpanggil. c.
Mengikut
sertakan orang lain dalam tugas perutusan agar lebih berani. d.
Berdua-dua
dalam tugas perutusan lebih baik dari pada sendiri. |
A |
|
||
|
Peserta didik dapat menyebutkan semangat yang dituntut Yesus
dalammenjalankan tugas perutusan |
27.
|
Semangat yang dituntut Yesus
bagi anggota gereja dalam menjalankan tugas perutusan di zaman sekarang,
adalah….. a.
Sukuisme,
rendah hati, solider b.
Egoisme,
kasih sayang, persatuan c.
Kesederhanaan,
kebijaksanaan, kebersamaan. d.
Kebijaksanaan,
kekuatan, hedonisme. |
C |
|
||
|
Peserta didik dapat menyebutkan contoh tugas perutusan seorang pelajar
di sekolah. |
28.
|
Contoh penghayatan tugas
perutusan yang dilakukan seorang remaja / pelajar di sekolah adalah…. a. Disiplin
supaya dilhat guru; b. Menyapu
halaman tanpa disuruh oleh guru; c. Menggajak
teman pesiar pada saat pemberrsihan kelas d. Rebut
saat guru tidak masuk kelas. |
B |
|
||
|
Menjelaskan kisah
perjalanan hidup Yesus. |
29.
|
Yesus meninggalkan
ketenangan keluarga di Nazareth dan mulai mengembara sebagai awal perubahan
hidup yang ditandai dengan ….. a.
Berdoa di Taman Getzemani b.
Pembabtisan oleh Yohanes c.
Wafat di Kayu Salib d.
Kebangkitan |
B |
|
||
|
Menyebutkan
orang – orang yang menolak pewartaan Yesus. |
30.
|
2.
Orang – orang yang menolak pewartaan Yesus tentang
Kerajaan Allah.. a. Para
fakir miskin dan terlantar, kaum pendosa.. b. Para
Penguasa dan Orang Kaya / mapan, imam-imam kepala, ahli Taurat. c. Orang
kaya, kaum pendosa, ahli-ahli taurat. d. Kaum
perempuan dan anak-anak. |
B |
|
||
|
Menyebutkan
sikap Yesus terhadap orang yang menolak pewartaan-Nya. |
31.
|
3.
Sikap
Yesus terhadap orang-orang yang menolak pewartaan-Nya adalah…. a. Jengkel dan penuh kesabaran b.
Marah dan mengutuk c.
Sabar dan pasrah pada kehendak Allah. d.
Cemburu dan menjauhkan diri dari orang banyak. |
C |
|
||
|
Menyebutkan dua
peristiwa penting sebelum sengsara dan
wafat Yesus. |
32.
|
Dua
peristiwa penting sebelum sengsara dan wafat Yesus adalah … a. Perjamuan
Malam Terakhir dan drama Penyaliban. b. Petrus
menyangkal Yesus dan Yudas Iskariot c. Istana
Pilatus dan Pengadilan Herodes. d. Perjamuan
Malam Terakhir dan kisah Taman Zaitun. |
D |
|
||
|
|
3.4
Memahami makna peristiwa sengsara,
wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaan-Nya |
Disajikan sebuah
kisah kehidupan, siswa dapat menginterpretasi kisah tersebut. |
33.
|
Bacalah kisah berikut
dengan saksama!! Upik salah seorang
siswa yang berkecukupan. Setiap hari selalu membawa uang jajan ke sekolah,
tidak seperti teman-temannya yang tidak ada uang jajan. Ia hidup dalam serba
kecukupan, di sekolah pun ia selalu membagi jajannya kepada teman-temannya.
Suatu hari, suatu hari Upik mengalami kecelakaan, tangan kanannya patah
dan ia merontah-rontah,marah-marah, ditambah lagi ketika ia tergeletak tak
berdaya di kasurnya,
tak seorang pun temannya yang datang menjenguknya. Mulai saat itu, ia jengkel
dengan Tuhan dan teman-temannya atas penderitaannya. Berdasarkan kisah
tersebut, sikap Upik terhadap penderitaan adalah..... a.
Menerima
diri apa adanya b.
Penderitaan
sebagai beban. c.
Tabah
menghadapi penderitaan d.
suka
menolong |
B |
|
|
Menjelaskan makna
sengsara dan wafat Yesus |
34.
|
Makna sengsara Yesus bagi
kehidupan kita adalah........ a.
Allah
menguji kesetiaan PutraNya dalam melaksanakan tugas-Nya b.
Bentuk
solider dan keprihatinan Allah terhadap manusia. c.
Membebaskan
bangsa israel dari perbudakan Mesir d.
Membebaskan
manusia dari tekanan kaum penguasa |
B |
|
||
|
Peserta didik
dapat menunjukkan harapanYesus kepada ssetiap orang setelah menerima rahmat
pencurahan Roh Kudus |
35.
|
Harapan Yesus kepada Anda sebagai siswa setelah
menerima rahmat pencurahan Roh Kudus? a.
Menjunjung tinggi dan mentaati aturan sekolah sesuka hati. b.
Datang tepat waktu di sekolah tetapi tidak membersihkan
lingkungan sekolah. c.
Meminjam catatan teman dengan baik namun tidak mengembalikan
tepat waktu. d.
Menghormati dan mencintai orang tua
dan guru yang telah mengasuh dan mendidik dengan baik dan benar. |
D |
|
||
|
Disajikan
sebuah gambar siswa dapat menunjukkan terjadinya peristiwa turunnya Roh Kudus |
36.
|
Perhatikan gambar di atas!! Gambar di atas menunjukkan terjadinya peristiwa….. A.
Roh Kudus
turun atas para murid dan Bunda Maria B.
Suasana
perjamuan malam terakhir C.
Yesus
menyampaikan amanat agung sebelum terangkat ke surga D.
Persiapan
perutusan ketujuhpuluh murid. |
A |
|
||
|
Peserta didik
dapat menyebutkan untur utama pemersatu |
37.
|
Unsur utama pemersatu
para rasul dan murid Yesus adalah......... a.
Pengalaman
bersama b.
bakat
dan kemampuan c.
Roh
Kudus d.
merasa
senasib dan sepenanggungan |
C |
|
||
|
Peserta didik
dapat menyebutkan peran Roh Kudus dalam perjalanan dan karay pelayanan Gereja
pada masa kini. |
38.
|
Peran
Roh Kudus dalam perjalanan dan karya pelayanan Gereja pada masa kini nyata
dalam … a. Ungkapan
doa dan simbol yang diigunakan dalam ibadat gereja. b. Penbgembangan
gereja dan kemajuan umat dalam berbagai aspek kehidupan. c. Kehadiran
para imam di tengah umat dalam mengatsi persoalan. d. Semua
anggota gereja mempunyai kewajiban untuk melindungi gereja. |
A |
|
||
|
|
3.5
Memahami peran Roh Kudus pada gereja
perdana dan gereja masa kini |
Peserta didik
dapat menyebutkan Roh Kudus membimbing
umat-Nya pada masa sekarang |
39.
|
Roh Kudus membimbing umat-Nya
pada masa sekarang melalui ….. a.
Sabda-Nya
dalam KS. b.
Harta duniawi. c.
bimbingan
khusus agar memiliki kekuatan gaib. d.
Bimbingan
khusus
lewat orang lain yang memiliki kemampuan dan berpendidikan tinggi. |
A |
|
|
Peserta didik
dapat menunjukkan hal yang harus dikembangkan agar peka terhadap kehadiran
Roh Kudus |
40.
|
Hal yang perlu dikembangkan
agar peka
terhadap kehadiran Roh Kudus adalah ….
a. Menjalani hidup doa bila
ada kesempatan. b. Memiliki sikap
kesungguhan hati untuk memiliki harta melimpah. c. Percaya penuh kepada
Tuhan bahwa Ia akan membimbing kita dalam membedahkan roh. d. Senantiasa mencari dan
menjalin relasi dengan alam gaib. |
C |
|

Tidak ada komentar:
Posting Komentar