PEMERINTAH
KABUPATEN LEMBATA
DINAS PENDIDIKAN
KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
KISI-KIS PENULISAN SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA
KATOLIK & BUDI PEKERTI JENIS
TES : AKM
KELAS/SEMESTER
: VII / 1 JUMLAH
SOAL: 45
|
KOMPETENSI
DASAR |
IPK |
INDIKATOR
SOAL |
NO.
SOAL/ JENIS SOAL |
BUTIR
SOAL |
KUNCI |
|
3.1
Memahami pandangan Kristiani tentang
keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat yang memiliki kemampuan
dan keterbatasan 3.2
Memahami pandangan Kristiani tentang peran keluarga, teman, Gereja dan
masyarakat terhadap perkembangan dirinya 3.1
Memahami pandangan Kristiani tentang keunikan
manusia sebagai citra Allah yang sederajat yang memiliki kemampuan dan
keterbatasan 3.2 Memahami
pandangan Kristiani tentang peran keluarga, teman, Gereja dan masyarakat
terhadap perkembangan dirinya 3.1
Memahami pandangan Kristiani tentang
keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat yang memiliki kemampuan
dan keterbatasan 3.2 Memahami
pandangan Kristiani tentang peran keluarga, teman, Gereja dan masyarakat
terhadap perkembangan dirinya |
Menjelaskan pandangan
kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat dan
memiliki kemampuan dan keterbatasan Menjelaskan
pandangan kristiani tentang peran keluarga,teman, Gereja dan masyarakat
terhadap perkembangan dirinya Menjelaskan pandangan
kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat dan
memiliki kemampuan dan keterbatasan Menjelaskan pandangan
kristiani tentang peran keluarga,teman, Gereja dan masyarakat terhadap
perkembangan dirinya Menjelaskan
pandangan kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat
dan memiliki kemampuan dan keterbatasan Menjelaskan pandangan
kristiani tentang peran keluarga,teman, Gereja dan masyarakat terhadap
perkembangan dirinya |
Disajikan
data dan siswa dapat mengidentifikasi makna Citra Allah dengan tepat Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi perilaku positif
sebagai ciptaan yang secitra dengan Allah Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang baik
terhadap alam ciptaan lainnya. Disajikan kutipan teks kitab Kej.1:28 dan siswa mengidentifikasi
tugas-tugas manusia sesuai yang difirmankan oleh Allah Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi makna kata Prokreasi Allah Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi tindakan yang tepat dalam mengembangkan kemammpuannya Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi tindakan yang tepat
memanfaatkan kemampuannya Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi tindakan dalam menghadapi keterbatasan dalam dirinya Disajikan data dan siswa
mengidentifikasi maksud dari manusia diciptakan laki-laki dan perempuan Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi arti kesederajatan laki-laki dan perempuan Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi keunikan sebagai ciptaan Allah yang unik Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi perbuatan manusia yang
sesuai martabat sebagai citra Allah Disajikan data dan siswa dapat
menentukkan tujuan Allah menciptakan manusia dengan tepat Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi alasan terjadinya kerusakan alam dan pelanggaran terhadap
hak-hak dasar manusia Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi dengan benar istilah Gerakan kesetaraan antara laki-laki dan
perempuan Disajikan data teks kitab suci 1 Kor. 6:13b-20 dan siswa dapat
mengidentifikasi isinya. Disajikan data dan siswa dapat menentukan peran keluarga bagi dirinya
dengan benar Disajikan data dan siswa dapat
menentukan arti bunyi perintah Allah
ke – empat dengan benar Disajikan data dan siswa dapat
menentukan manfaat hidup bersama teman di sekolah Disajikan data dan siswa dapat menentukan tugas pelayanan Gereja Disajikan data dan siswa dapat
menentukan keunikan manusia sebagai ciptaan Allah Disajikan data dan siswa dapat
menentukan tindakan yang selaras sebagai ciptaan yang secitra dengan Allah Disajikan data dan siswa dapat
menentukan maksud dari pepatah” tak ada gading yang tak retak” Disajikan data dan siswa dapat
menentukan dampak positif dari menanggulangi keterbatasan diri Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam lembaga pendidikan Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi makna istimewa dari pendidikan sekolah menurut GE art. 5 Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi tujuan pendidikan menurut Gravisimum Eduacation (GE) art. 1 Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi makna sakramen pembabtisan Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi wujud keterlibatan dalam kegiatan Liturgi Gereja Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi pengertian manusia adalah makhluk social Disajikan data dan siswa dapat
mengidentifikasi tugas-tugas Gereja Siswa mampu mengidentifikasi keluhuran
martabat manusia sebagai ciptaan yang disebut Citra Allah Siswa mampu melengkapi isi teks kitab
Kej. 1:27 yang rumpang Siswa mampu menyadari bakat dan
kemampuan sebagai anugerah Allah Siswa mampu menyadari keterbatasan
dalam dirinya Siswa mampu melengkapi teks Mrk. 4:39
yang rumpang Siswa mampu mengidentifikasi sikap
syukur dalam hidupnya dalam menghadapi kegagalan dan kesuksesan Siswa mampu mengidentifikasi sikap yang dilakukan seorang kusta yang
telah ditahirkan oleh Yesus Siswa mampu mengidentifikasi peran keluarga dalam pembentukan karakter
diri seseorang Siswa mampu mengidentifikasi peran orang tua sebagai pendidik pertama
dan terutama bagi perkembangan anak-anak. Siswa mampu memahami manusia sebagai makhluk sosial Siswa mampu menjelaskan pengertian manusia citra Allah Siswa mampu menyebutkan 3 contoh mengembangkan bakat dan kemampuan
dengan tepat Siswa mampu menjelaskan
tujuan manusia diciptakan laki-laki
dan perempuan yang sederajat Siswa mampu menyebutkan 3
contoh tindakan yang dilakukan terhadap sesama temannya di lingkungan sekolah |
1/PG 2/PG 3/PG 4/PG 5/PG 6/PG 7/PG 8/PG 9/PG 10/PG 11/PGK 12/PGK 13/PGK 14/PGK 15/PGK 16/PGK 17/PGK 18/PGK 19/PGK 20/PGK 21/ MJ 22/MJ 23/MJ 24/MJ 25/MJ 26/MJ 27/MJ 28/MJ 29/MJ 30/MJ 31/I 32/I 33/I 34/I 35/I 36/I 37/I 38/I 39/I 40/I 41/U 42/U 43/U 44/U 45/U |
1.
Sebagai
Citra Allah manusia terpanggil untuk menghadirkan kebaikan kepada sesamanya.
Maksud kata bercetak miring adalah … a.
Sekuat
Allah b.
Sehebat
Allah c.
Sekuasa
Allah d.
d.
Serupa Allah 2.
Tindakan
yang tepat dalam menanggapi karya Allah yang menciptakan kita secitra dengan
Allah adalah… a.
Memusuhi
sesama tidak seiman b.
Agama
lain tidak baik c.
Menghormati
keberagaman d.
Memusuhi
teman 3.
Sebagai
ciptaan Allah, manusia mengemban tugas sebagai Citra Allah. Bukan hanya
terhadap sesamanya tetapi juga terhadap alam ciptaan lainnya. Perilaku yang
tepat yang menggambarkan manusia memancarkan kebaikan terhadap ciptaan
lainnya adalah ... a.
Menjaga
kelestarian Alam b.
Menebang
pohon untuk bersenang-senang c.
Membuang
sampah ke selokan pada saat hujan d.
Merusak
bunga dilingkungan sekolah 4.
Perhatikan
kutipan teks Kej. 1:28 berikut ini ! “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman
Beranak cuculah dan bertambah banyaklah; penuhilah bumi dan taklukanlah itu,
berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala
binatang yang merayap di bumi” Makna kata” taklukanlah dan berkuasa” memiliki makna
… a.
Berperang
melawan bumi dan menguasai isinya b.
Menjadi
pelindung dan pemelihara bumi beserta isinya c.
Menghabiskan
sumber daya alam di bumi d.
Merusakan
bumi dan isinya karena sudah menjadi haknya 5.
Salah
satu tugas manusia adalah melanjutkan karya “Prokreasi” Allah. Makna kata
prokreasi adalah: a.
Bererkreasi
dengan karya penciptaan Allah b.
Berkreasi
melawan Allah c.
Melanjutkan
karya penciptaan Allah d.
Memproklamirkan
Kemerdekaan 6.
Setiap
orang telah dibekali bakat dan kemampuan yang unik dan berbeda. Maka sikap
kita yang dalam mengembangkan kemampuan itu, adalah ... a.
Belajar
dan berlatih untuk mengembangkannya b.
Bermalas-malasan,
Tuhan pasti buka jalan c.
Memuji-muji
kemampuan teman d.
Memendam
bakat dan kemampuan karena dana terbatas 7.
Dengan
kemampuan yang dimiliki kita dituntut agar ... a.
Sombong b.
Membanding-bandingkan
dengan teman lainnya c.
Menghina
teman karena tak seperti kita d.
Bersyukur
kepada Tuhan dan membantu sesame 8.
Tindakan
yang tepat menanggapi keterbatasan dalam diri adalah... a.
Mencari-cari
titik lemah teman agar seperti saya b.
Marah
kepada Tuhan dan Orang Tua c.
Tetap
bersyukur dan menjadikan keterbatasan sebagai titik kuat d.
Menuduh
teman memakai pelaris 9.
Tuhan
Allah menciptakan manusia sebagai laki-laki maupun perempuan memiliki maksud
... a.
Laki-laki
unggul atas perempuan b.
Perempuan
unggul atas laki-laki c.
Saling
menjatuhkan d.
Saling
melengkapi 10.
Laki-laki dan perempuan diciptakan
sederajat. Kata sederajat memiliki makna ... a.
Sama
atau setara b.
Tidak
sama atau berbeda c.
Laki-laki
harus unggul d.
Perempuan
ditindas 11.
Manusia
adalah ciptaan Allah yang unik, karena diciptakan sempurna dibandingkan makhluk
hidup lainnya. Selain manusi memiliki akal budi manusia juga memiliki .....
dan .... a.
Akal
Budi b.
Insting c.
Tulus
hati d.
Hati
nurani 12.
Pernyataan
yang benar tentang perbuatan manusia yang sesuai dengan martabatnya sebagai
citra Allah kepada sesamanya adalah ... a.
Menolong
sesama b.
Menindas
sesama c.
Peka
terhadap lingkungan d.
Serakah
terhadap lingkungan 13.
Allah
menciptakan manusia dengan tujuan agar manusia ... a.
Menguasai
alam secara serakah b.
Beranak
cucu dan bertambah banyak c.
Menindas
sesamanya d.
Memanfatkan
alam untuk kesejateraan bersama 14.
Kerusakan
alam dan pelanggaran terhadap hak-hak dasar manusia terjadi karena manusia
memiliki... a.
Sikap
syukur terhadap anugerah Allah b.
Kuasa kehidupan yang besar terhadap dirinya
dan sesama c.
Memiliki
pemikiran yang keliru berkuasa terhadap lingkungannya. d.
Menyadari
dengan sungguh bahwa manusia menjadi mahkluk ciptaan yang unik 15.
Gerakan
kesetaran antara permpuan dan laki sering disebut dengan istilah ..... a.
Gender b.
Empansipasi c.
Revolusioner d.
Reformasi 16.
Dalam
1 Kor. 6;13b-20 dikatakan bahwa tubuh kita bait roh kudus yang memiliki arti
... a.
Ada
bangunan kudus dalam tubuh manusia b.
Roh
Allah Hadir c.
Roh
Allah berkarya d.
Tidak
perlu merawat tubuh kita 17.
Keluarga
juga memiliki peran dalam pendidikan, di mana keluarga sebagai... a.
Pendidikan
pertama b.
Arena
konflik c.
Pendidikan
terutama d.
Sumber
masalah 18.
Bunyi
perintah Allah ke-empat yang adalah “hormatilah ibu dan bapa” hal ini berarti
... a.
Menghormati
orang tua b.
Menghormati
para guru c.
Menghormati
orang tua kandung saja d.
Menghormati
ibu kandung saja 19.
Manfaat
hidup bersama dengan orang lain di lingkungan sekolah adalah ... a.
Saling
mendukung b.
Saling
menjatuhkan c.
Mengembangkan
diri d.
Memamerkan
kelebihan dan kekayaan 20.
Salah
tugas pelayanan dalam gereja adalah diakonia atau pelayanan. Contoh kegiatan
pelayanan Gereja yang benar adalah ... a.
Membentuk
kubu dengan pastor paroki b.
Memberikan
sakramen pengurapan orang sakit c.
Meminta
pastor hanya melayani kita saja d.
Pastoral
sekolah 21.
Hanya
dimiliki oleh manusia dan tak dimiliki ciptaan lainnya? 22. Sebagai citra Allah
maka sudah sepatutnya manusia 23. Tak ada gading, yang
tak retak 24. Ketika menghadapi
kegagalan atau hambatan 25. Macam-macam lembaga
pendidikan di Indonesia 26. Usaha secara terus
menerus mengembangkan daya kemampuan akal budi, untuk menumbuhkan kemampuan member
penilaian cermat, meneruskan tradisi dan warisan budaya, meningkatkan
kesadaran tata nilai, menyiapkan siswa mengelolah kejuruan tertentu. 27. Mencapai pembinaan
pribadi manusia dalam perspektif tujuan terakhirnya adalah kesejateraan
bersama atau Bonum Commune dan mampu menunaikan tugas kewajibannya 28. Sakramen yang
dilaksanakan oleh Gereja untuk menjadikan seseorang masuk dalam komunitas
Gereja 29. Setiap orang dipanggil
untuk melaksanakan tugas Gereja dalam hal liturgi gereja yang nampak dalam
mengikuti kegiatan-kegiatan di Gereja. 30. Bidang tugas yang
mengantarkan umatnya pada kekudusan. 31. Manusia hidup
berdampingan dengan orang lain, dan membutuhkan orang lain dalam
mengembangkan diri. Maka manusia disebut …… 32. Sebagai Citra Allah,
manusia memiliki ……. luhur 33. Maka Allah
menciptakan manusia menurut gambar-Nya, menurut …… Allah diciptakan-Nya dia;
laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 34. Bakat dan kemampuan
manusia merupakan …. dari Allah 35. Setiap manusia tidak
sempurna, karena itu maka manusia memiliki …….. 36. “ Ia pun bangun,
menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: ……! Tenanglah !” lalu
angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali” 37. Perilaku manusia
dalam menghadapi setiap kesuksesan dan kegagalan adalah selalu ……….kepada
Tuhan 38. Setelah kesepuluh
orang kusta menjadi tahir, sembilan orang lainnya langsung kembali ke rumah
masing-masing. Namun salah seorang kembali dan mengucapkan …… kepada Yesus. 39. Segala pengalaman
dan kondisi dalam keluarga berpengaruh terhadap ……. Seseorang 40. Pendidik pertama dan
…. adalah orang tua sedangkan sekolah hanyalah pelengkap. 41. Jelaskan pengertian
Manusia sebagai makhluk social! 42. Jelaskan pengertian
manusia citra Allah! 43. Sebutkan 3 contoh
cara mengembangkan bakat dan kemampuan
diri! 44. Jelaskan tujuan
manusia diciptakan laki-laki dan perempuan yang sederajat oleh Allah! 45. Sebutkan 3 contoh
tindakan yang baik terhadap temanmu di lingkungan sekolah! |
D C A B C A D C D A A
& D A
& C B&
D B
& C A
& B B
& C A
& C A
& B A
& C Akal budi, Hati nurani dan
Kehendak bebas Mengasihi,
Menghormati dan menjalin kerukunan Setiap orang punya kelemahan
atau tidak sempurna Tetap
berusaha dan menjadikan hambatan jadi peluang sukses Formal, Informal dan Non Formal Makna
Pendidikan Tujuan
Pendidikan Baptis Menjadi
lector/is, pemazmur, Misdinar dan koor Liturgia Makhluk
sosial Martabat
Gambar
Anugerah Keterbatasan/kekurangan Diam Bersyukur Syukur Pembentukan diri/karakter Terutama Manusia tidak dapat hidup
sendirian, membutuhkan orang lain untuk berkembang Manusia diciptakan
serupa/segambar dengan Allah 1.
Belajar
yang giat 2.
Berlatih
untuk mengembangkan bakat 3.
Selalu
berdoa Manusia
diciptakan sederajat baik laki-laki maupun perempuan agar saling menghargai
dan membantu 1.
Tidak
memaki teman 2.
Membantu
teman (meminjamkan catatan, buku dan ballpoint) 3.
Menasihati
teman yang nakal... (dsb. Tindakan konkret) |

Tidak ada komentar:
Posting Komentar