• CONTOH KISI SOAL AKM KELAS VII PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI ;PAS GANJIL

     

    PEMERINTAH KABUPATEN LEMBATA

    DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA

    SMP NEGERI 5 LEBATUKAN

    KISI-KIS PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP

    MATA PELAJARAN :             PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK & BUDI PEKERTI                                                                                            JENIS TES :  AKM

    KELAS/SEMESTER :  VII / 1                                                                                                                                                                          JUMLAH SOAL: 45

    KOMPETENSI DASAR

    IPK

    INDIKATOR SOAL

    NO. SOAL/ JENIS SOAL

    BUTIR SOAL

    KUNCI

    3.1 Memahami pandangan Kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat yang memiliki kemampuan dan keterbatasan

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

                                

    3.2 Memahami pandangan Kristiani tentang peran keluarga, teman, Gereja dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    3.1 Memahami pandangan Kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat yang memiliki kemampuan dan keterbatasan

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    3.2 Memahami pandangan Kristiani tentang peran keluarga, teman, Gereja dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya

     

    3.1 Memahami pandangan Kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat yang memiliki kemampuan dan keterbatasan

     

     

     

    3.2 Memahami pandangan Kristiani tentang peran keluarga, teman, Gereja dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya

     

    Menjelaskan pandangan kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat dan memiliki kemampuan dan keterbatasan

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Menjelaskan pandangan kristiani tentang peran keluarga,teman, Gereja dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Menjelaskan pandangan kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat dan memiliki kemampuan dan keterbatasan

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Menjelaskan pandangan kristiani tentang peran keluarga,teman, Gereja dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya

     

     

     

    Menjelaskan pandangan kristiani tentang keunikan manusia sebagai citra Allah yang sederajat dan memiliki kemampuan dan keterbatasan

     

     

     

     

     

     

    Menjelaskan pandangan kristiani tentang peran keluarga,teman, Gereja dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi makna Citra Allah dengan tepat

     

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi perilaku positif sebagai ciptaan yang secitra dengan Allah

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang baik terhadap alam ciptaan lainnya.

     

     

     

     

     

    Disajikan kutipan teks kitab Kej.1:28 dan siswa mengidentifikasi tugas-tugas manusia sesuai yang difirmankan oleh Allah

     

     

     

     

     

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi makna kata Prokreasi Allah

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi tindakan yang tepat dalam mengembangkan kemammpuannya

     

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi tindakan yang tepat memanfaatkan kemampuannya

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi tindakan dalam menghadapi keterbatasan dalam dirinya

     

    Disajikan data dan siswa mengidentifikasi maksud dari manusia diciptakan laki-laki dan perempuan

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi arti kesederajatan laki-laki dan perempuan

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi keunikan sebagai ciptaan Allah yang unik

     

     

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi perbuatan manusia yang sesuai martabat sebagai citra Allah

     

    Disajikan data dan siswa dapat menentukkan tujuan Allah menciptakan manusia dengan tepat

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi alasan terjadinya kerusakan alam dan pelanggaran terhadap hak-hak dasar manusia

     

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi dengan benar istilah Gerakan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan

     

    Disajikan data teks kitab suci 1 Kor. 6:13b-20 dan siswa dapat mengidentifikasi isinya.

     

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan peran keluarga bagi dirinya dengan benar

     

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan arti  bunyi perintah Allah ke – empat dengan benar

     

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan manfaat hidup bersama teman di sekolah

     

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan tugas pelayanan Gereja

     

     

     

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan keunikan manusia sebagai ciptaan Allah

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan tindakan yang selaras sebagai ciptaan yang secitra dengan Allah

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan maksud dari pepatah” tak ada gading yang tak retak”

    Disajikan data dan siswa dapat menentukan dampak positif dari menanggulangi keterbatasan diri

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi macam-macam lembaga pendidikan

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi makna istimewa dari pendidikan sekolah menurut GE art. 5

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi tujuan pendidikan menurut Gravisimum Eduacation (GE) art. 1

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi makna sakramen pembabtisan

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi wujud keterlibatan dalam kegiatan Liturgi Gereja

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi pengertian manusia adalah makhluk social

    Disajikan data dan siswa dapat mengidentifikasi tugas-tugas Gereja

    Siswa mampu mengidentifikasi keluhuran martabat manusia sebagai ciptaan yang disebut Citra Allah

    Siswa mampu melengkapi isi teks kitab Kej. 1:27 yang rumpang

    Siswa mampu menyadari bakat dan kemampuan sebagai anugerah Allah

    Siswa mampu menyadari keterbatasan dalam dirinya

    Siswa mampu melengkapi teks Mrk. 4:39 yang rumpang

    Siswa mampu mengidentifikasi sikap syukur dalam hidupnya dalam menghadapi kegagalan dan kesuksesan

    Siswa mampu mengidentifikasi sikap yang dilakukan seorang kusta yang telah ditahirkan oleh Yesus

     

    Siswa mampu mengidentifikasi peran keluarga dalam pembentukan karakter diri seseorang

     

    Siswa mampu mengidentifikasi peran orang tua sebagai pendidik pertama dan terutama bagi perkembangan anak-anak.

     

    Siswa mampu memahami manusia sebagai makhluk sosial

     

    Siswa mampu menjelaskan pengertian manusia citra Allah

    Siswa mampu menyebutkan 3 contoh mengembangkan bakat dan kemampuan dengan tepat

     

    Siswa mampu menjelaskan tujuan  manusia diciptakan laki-laki dan perempuan yang sederajat

     

    Siswa mampu menyebutkan 3 contoh tindakan yang dilakukan terhadap sesama temannya di lingkungan sekolah

     

     

     

    1/PG

     

     

     

     

    2/PG

     

     

     

     

     

    3/PG

     

     

     

     

     

     

     

    4/PG

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    5/PG

     

     

     

     

     

    6/PG

     

     

     

     

     

    7/PG

     

     

     

    8/PG

     

     

     

     

    9/PG

     

     

     

     

    10/PG

     

     

     

    11/PGK

     

     

     

     

     

    12/PGK

     

     

     

     

     

    13/PGK

     

     

     

     

    14/PGK

     

     

     

     

     

    15/PGK

     

     

     

     

    16/PGK

     

     

     

     

    17/PGK

     

     

     

    18/PGK

     

     

     

     

    19/PGK

     

     

     

    20/PGK

     

     

     

     

    21/ MJ

     

     

     

    22/MJ

     

     

     

    23/MJ

     

     

     

    24/MJ

     

     

     

     

    25/MJ

     

     

    26/MJ

     

     

     

     

    27/MJ

     

     

     

    28/MJ

     

     

    29/MJ

     

     

    30/MJ

     

     

    31/I

     

     

    32/I

     

     

     

    33/I

     

     

    34/I

     

     

    35/I

     

    36/I

    37/I

     

     

     

     

    38/I

     

     

     

     

     

     

    39/I

     

     

     

     

     

     

    40/I

     

     

     

     

     

    41/U

     

     

     

     

    42/U

     

     

     

    43/U

     

     

     

     

     

     

    44/U

     

     

     

     

     

     

    45/U

     

     

     

     

    1.    Sebagai Citra Allah manusia terpanggil untuk menghadirkan kebaikan kepada sesamanya. Maksud kata bercetak miring adalah …

    a.       Sekuat Allah                              

    b.      Sehebat Allah

    c.       Sekuasa Allah               

    d.      d. Serupa Allah

     

    2.    Tindakan yang tepat dalam menanggapi karya Allah yang menciptakan kita secitra dengan Allah adalah…

    a.        Memusuhi sesama tidak seiman

    b.       Agama lain tidak baik

    c.        Menghormati keberagaman

    d.       Memusuhi teman

     

    3.    Sebagai ciptaan Allah, manusia mengemban tugas sebagai Citra Allah. Bukan hanya terhadap sesamanya tetapi juga terhadap alam ciptaan lainnya. Perilaku yang tepat yang menggambarkan manusia memancarkan kebaikan terhadap ciptaan lainnya adalah ...

    a.       Menjaga kelestarian Alam

    b.      Menebang pohon untuk bersenang-senang

    c.       Membuang sampah ke selokan pada saat hujan

    d.      Merusak bunga dilingkungan sekolah

     

    4.    Perhatikan kutipan teks Kej. 1:28 berikut ini  !

    “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman Beranak cuculah dan bertambah banyaklah; penuhilah bumi dan taklukanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”

    Makna kata” taklukanlah dan berkuasa” memiliki makna …

    a.     Berperang melawan bumi dan menguasai isinya

    b.     Menjadi pelindung dan pemelihara bumi beserta isinya

    c.     Menghabiskan sumber daya alam di bumi

    d.     Merusakan bumi dan isinya karena sudah menjadi haknya

     

    5.    Salah satu tugas manusia adalah melanjutkan karya “Prokreasi” Allah. Makna kata prokreasi adalah:

    a.          Bererkreasi dengan karya penciptaan Allah

    b.          Berkreasi melawan Allah

    c.          Melanjutkan karya penciptaan Allah

    d.          Memproklamirkan Kemerdekaan

     

    6.    Setiap orang telah dibekali bakat dan kemampuan yang unik dan berbeda. Maka sikap kita yang dalam mengembangkan kemampuan itu, adalah ...

    a.       Belajar dan berlatih untuk mengembangkannya

    b.      Bermalas-malasan, Tuhan pasti buka jalan

    c.       Memuji-muji kemampuan teman

    d.      Memendam bakat dan kemampuan karena dana terbatas

     

    7.    Dengan kemampuan yang dimiliki kita dituntut agar ...

    a.       Sombong

    b.      Membanding-bandingkan dengan teman lainnya

    c.       Menghina teman karena tak seperti kita

    d.      Bersyukur kepada Tuhan dan membantu sesame

     

    8.    Tindakan yang tepat menanggapi keterbatasan dalam diri adalah...

    a.       Mencari-cari titik lemah teman agar seperti saya

    b.      Marah kepada Tuhan dan Orang Tua

    c.       Tetap bersyukur dan menjadikan keterbatasan sebagai titik kuat

    d.      Menuduh teman memakai pelaris

     

    9.    Tuhan Allah menciptakan manusia sebagai laki-laki maupun perempuan memiliki maksud ...

    a.       Laki-laki unggul atas perempuan

    b.      Perempuan unggul atas laki-laki

    c.       Saling menjatuhkan

    d.      Saling melengkapi

     

    10.               Laki-laki dan perempuan diciptakan sederajat. Kata sederajat memiliki makna ...

    a.       Sama atau setara

    b.      Tidak sama atau berbeda

    c.       Laki-laki harus unggul

    d.      Perempuan ditindas

     

    11.  Manusia adalah ciptaan Allah yang unik, karena diciptakan sempurna dibandingkan makhluk hidup lainnya. Selain manusi memiliki akal budi manusia juga memiliki ..... dan ....

    a.       Akal Budi

    b.      Insting

    c.       Tulus hati

    d.      Hati nurani

     

    12.  Pernyataan yang benar tentang perbuatan manusia yang sesuai dengan martabatnya sebagai citra Allah kepada sesamanya adalah ...

    a.       Menolong sesama

    b.      Menindas sesama

    c.       Peka terhadap lingkungan

    d.      Serakah terhadap lingkungan

    13.  Allah menciptakan manusia dengan tujuan agar manusia ...

    a.       Menguasai alam secara serakah

    b.      Beranak cucu dan bertambah banyak

    c.       Menindas sesamanya

    d.      Memanfatkan alam untuk kesejateraan bersama

     

    14.  Kerusakan alam dan pelanggaran terhadap hak-hak dasar manusia terjadi karena manusia memiliki...

    a.       Sikap syukur terhadap anugerah Allah

    b.       Kuasa kehidupan yang besar terhadap dirinya dan sesama

    c.       Memiliki pemikiran yang keliru berkuasa terhadap lingkungannya.

    d.      Menyadari dengan sungguh bahwa manusia menjadi mahkluk ciptaan yang unik

     

    15.  Gerakan kesetaran antara permpuan dan laki sering disebut dengan istilah .....

    a.       Gender

    b.      Empansipasi

    c.       Revolusioner

    d.      Reformasi

     

    16.  Dalam 1 Kor. 6;13b-20 dikatakan bahwa tubuh kita bait roh kudus yang memiliki arti ...

    a.       Ada bangunan kudus dalam tubuh manusia

    b.      Roh Allah Hadir

    c.       Roh Allah berkarya

    d.      Tidak perlu merawat tubuh kita

    17.  Keluarga juga memiliki peran dalam pendidikan, di mana keluarga sebagai...

    a.       Pendidikan pertama

    b.      Arena konflik

    c.       Pendidikan terutama

    d.      Sumber masalah

     

    18.  Bunyi perintah Allah ke-empat yang adalah “hormatilah ibu dan bapa” hal ini berarti ...

    a.       Menghormati orang tua

    b.      Menghormati para guru

    c.       Menghormati orang tua kandung saja

    d.      Menghormati ibu kandung saja

     

    19.  Manfaat hidup bersama dengan orang lain di lingkungan sekolah adalah ...

    a.       Saling mendukung

    b.      Saling menjatuhkan

    c.       Mengembangkan diri

    d.      Memamerkan kelebihan dan kekayaan

    20.  Salah tugas pelayanan dalam gereja adalah diakonia atau pelayanan. Contoh kegiatan pelayanan Gereja yang benar adalah ...

    a.       Membentuk kubu dengan pastor paroki

    b.      Memberikan sakramen pengurapan orang sakit

    c.       Meminta pastor hanya melayani kita saja

    d.      Pastoral sekolah

     

    21.  Hanya dimiliki oleh manusia dan tak dimiliki ciptaan lainnya?

     

     

    22.  Sebagai citra Allah maka sudah sepatutnya manusia

     

     

     

    23.  Tak ada gading, yang tak retak

     

     

     

     

    24.  Ketika menghadapi kegagalan atau hambatan

     

     

     

     

    25.  Macam-macam lembaga pendidikan di Indonesia

     

     

     

    26.  Usaha secara terus menerus mengembangkan daya kemampuan akal budi, untuk menumbuhkan kemampuan member penilaian cermat, meneruskan tradisi dan warisan budaya, meningkatkan kesadaran tata nilai, menyiapkan siswa mengelolah kejuruan tertentu.

     

    27.  Mencapai pembinaan pribadi manusia dalam perspektif tujuan terakhirnya adalah kesejateraan bersama atau Bonum Commune dan mampu menunaikan tugas kewajibannya

     

    28.  Sakramen yang dilaksanakan oleh Gereja untuk menjadikan seseorang masuk dalam komunitas Gereja

     

     

    29.  Setiap orang dipanggil untuk melaksanakan tugas Gereja dalam hal liturgi gereja yang nampak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di Gereja.

     

    30.  Bidang tugas yang mengantarkan umatnya pada kekudusan.

     

     

     

    31.  Manusia hidup berdampingan dengan orang lain, dan membutuhkan orang lain dalam mengembangkan diri. Maka manusia disebut ……

     

    32.  Sebagai Citra Allah, manusia memiliki ……. luhur

     

    33.  Maka Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, menurut …… Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

     

    34.  Bakat dan kemampuan manusia merupakan …. dari Allah

     

    35.  Setiap manusia tidak sempurna, karena itu maka manusia memiliki ……..

     

    36.  “ Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: ……! Tenanglah !” lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali”

     

     

    37.  Perilaku manusia dalam menghadapi setiap kesuksesan dan kegagalan adalah selalu ……….kepada Tuhan

     

     

     

    38.  Setelah kesepuluh orang kusta menjadi tahir, sembilan orang lainnya langsung kembali ke rumah masing-masing. Namun salah seorang kembali dan mengucapkan …… kepada Yesus.

     

     

    39.  Segala pengalaman dan kondisi dalam keluarga berpengaruh terhadap ……. Seseorang

     

     

     

     

    40.  Pendidik pertama dan …. adalah orang tua sedangkan sekolah hanyalah pelengkap.

     

     

     

     

     

    41.  Jelaskan pengertian Manusia sebagai makhluk social!

     

     

     

     

    42.  Jelaskan pengertian manusia citra Allah!

     

     

     

    43.  Sebutkan 3 contoh cara mengembangkan bakat dan kemampuan  diri!

     

     

     

     

     

    44.  Jelaskan tujuan manusia diciptakan laki-laki dan perempuan yang sederajat oleh Allah!

     

     

     

     

    45.  Sebutkan 3 contoh tindakan yang baik terhadap temanmu di lingkungan sekolah!

     

     

     

     

     

    D

     

     

     

     

     

    C

     

     

     

     

    A

     

     

     

     

     

     

    B

     

     

     

     

     

     

     

    C

     

     

     

     

    A

     

     

     

     

     

     

    D

     

     

     

     

    C

     

     

     

     

    D

     

     

     

    A

     

     

     

    A & D

     

     

     

    A & C

     

     

     

     

    B& D

     

     

     

    B & C

     

     

     

     

     

    A & B

     

     

     

     

    B & C

     

     

    A & C

     

     

     

     

    A & B

     

     

     

    A & C

     

     

     

     

     

     

     

    Akal budi, Hati nurani dan Kehendak bebas

     

     

    Mengasihi, Menghormati dan menjalin kerukunan

     

     

    Setiap orang punya kelemahan atau tidak sempurna

     

     

    Tetap berusaha dan menjadikan hambatan jadi peluang sukses

     

     

    Formal, Informal dan Non Formal

     

     

     

    Makna Pendidikan

     

     

     

    Tujuan Pendidikan

     

     

     

    Baptis

     

     

    Menjadi lector/is, pemazmur, Misdinar dan koor

     

    Liturgia

     

     

    Makhluk sosial

     

     

    Martabat

     

    Gambar

    Anugerah

     

     

    Keterbatasan/kekurangan

     

    Diam

     

     

     

    Bersyukur

     

     

     

     

    Syukur

     

     

     

     

    Pembentukan diri/karakter

     

     

     

     

     

    Terutama

     

     

     

     

     

    Manusia tidak dapat hidup sendirian, membutuhkan orang lain untuk berkembang

     

    Manusia diciptakan serupa/segambar dengan Allah

     

     

    1.      Belajar yang giat

    2.      Berlatih untuk mengembangkan bakat

    3.      Selalu berdoa

     

    Manusia diciptakan sederajat baik laki-laki maupun perempuan agar saling menghargai dan membantu

     

    1.      Tidak memaki teman

    2.      Membantu teman (meminjamkan catatan, buku dan ballpoint)

    3.      Menasihati teman yang nakal... (dsb. Tindakan konkret)

     

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pages

Unordered List

Recent Posts