• SOAL AKM PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK KELAS 7

     


    PEMERINTAHAN KABUPATEN LEMBATA

    DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN

    PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL

    TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

    MATA PELAJARAN :  PAK dan BP 

    KELAS/ SEMESTER : VII/ 1

    I. Pilihan Ganda. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang dianggap paling tepat!

    1. Sebagai Citra Allah manusia terpanggil untuk menghadirkan kebaikan kepada sesamanya. Maksud kata bercetak miring adalah … 

    a. Sekuat Allah

    b.Sehebat Allah

    c. Sekuasa Allah

    d. Serupa Allah

    2. Tindakan yang tepat dalam menanggapi karya Allah yang menciptakan kita secitra dengan Allah adalah…

    a. Memusuhi sesama tidak seiman

    b. Agama lain tidak baik

    c. Menghormati keberagaman

    d.Memusuhi teman

    3. Sebagai ciptaan Allah, manusia mengemban tugas sebagai Citra Allah. Bukan hanya terhadap sesamanya tetapi juga terhadap alam ciptaan lainnya. Perilaku yang tepat yang menggambarkan manusia memancarkan kebaikan terhadap ciptaan lainnya adalah ...

    a. Menjaga kelestarian Alam

    b. Menebang pohon untuk bersenang-senang

    c.Membuang sampah ke selokan pada saat hujan

    d. Merusak bunga dilingkungan sekolah

    4. Perhatikan kutipan teks Kej. 1:28 berikut ini  !

    “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman Beranak cuculah dan bertambah banyaklah; penuhilah bumi dan taklukanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”

    Makna kata” taklukanlah dan berkuasa” memiliki makna …

    a. Berperang melawan bumi dan menguasai isinya

    b. Menjadi pelindung dan pemelihara bumi beserta isinya

    c. Menghabiskan sumber daya alam di bumi

    d. Merusakan bumi dan isinya karena sudah menjadi haknya

    5. Salah satu tugas manusia adalah melanjutkan karya “Prokreasi” Allah. Makna kata prokreasi adalah:

    a. Bererkreasi dengan karya penciptaan Allah

    b.Berkreasi melawan Allah

    c. Melanjutkan karya penciptaan Allah

    d. Memproklamirkan Kemerdekaan

    6. Setiap orang telah dibekali bakat dan kemampuan yang unik dan berbeda. Maka sikap kita yang dalam mengembangkan kemampuan itu, adalah ...

    a. Belajar dan berlatih untuk mengembangkannya

    b. Bermalas-malasan, Tuhan pasti buka jalan

    c. Memuji-muji kemampuan teman

    d. Memendam bakat dan kemampuan karena dana terbatas

    7. Dengan kemampuan yang dimiliki kita dituntut agar ...

    a. Sombong

    b. Membanding-bandingkan dengan teman lainnya

    c. Menghina teman karena tak seperti kita

    d. Bersyukur kepada Tuhan dan membantu sesama

    8. Tindakan yang tepat menanggapi keterbatasan dalam diri adalah...

    a. Mencari-cari titik lemah teman agar seperti saya

    b. Marah kepada Tuhan dan Orang Tua

    c. Tetap bersyukur dan menjadikan keterbatasan sebagai titik kuat

    d. Menuduh teman memakai pelaris

    9. Tuhan Allah menciptakan manusia sebagai laki-laki maupun perempuan memiliki maksud ...

    a. Laki-laki unggul atas perempuan

    b.Perempuan unggul atas laki-laki

    c. Saling menjatuhkan

    d. Saling melengkapi

     10. Laki-laki dan perempuan diciptakan sederajat. Kata sederajat memiliki makna ...

    a. Sama atau setara

    b. Tidak sama atau berbeda

    c. Laki-laki harus unggul

    d. Perempuan ditindas

    II. Pilihan Ganda Kompleks. Berilah tanda silang (x) pada 2 jawaban yang dianggap paling tepat!

    11. Manusia adalah ciptaan Allah yang unik, karena diciptakan sempurna dibandingkan makhluk hidup lainnya. Selain manusi memiliki akal budi manusia juga memiliki ..... dan ....

    a. Kehendak Bebas

    b. Insting

    c. Tulus hati

    d. Hati nurani

    12. Pernyataan yang benar tentang perbuatan manusia yang sesuai dengan martabatnya sebagai citra Allah kepada sesamanya adalah ...

    a. Menolong sesama

    b. Menindas sesama

    c. Peka terhadap lingkungan

    d. Serakah terhadap lingkungan

    13. Allah menciptakan manusia dengan tujuan agar manusia ... 

    a. Menguasai alam secara serakah

    b. Beranak cucu dan bertambah banyak

    c. Menindas sesamanya

    d. Memanfatkan alam untuk kesejateraan bersama

    14. Kerusakan alam dan pelanggaran terhadap hak-hak dasar manusia terjadi karena manusia memiliki...

    a. Sikap syukur terhadap anugerah Allah

    b.  Kuasa kehidupan yang besar terhadap dirinya dan sesama 

    c. Memiliki pemikiran yang keliru berkuasa terhadap lingkungannya.

    d. Menyadari dengan sungguh bahwa manusia menjadi mahkluk ciptaan yang unik

    15. Gerakan kesetaran antara permpuan dan laki sering disebut dengan istilah .....

    a. Gender

    b. Empansipasi

    c. Revolusioner

    d. Reformasi

    15. Dalam 1 Kor. 6;13b-20 dikatakan bahwa tubuh kita bait roh kudus yang memiliki arti ...

    a. Ada bangunan kudus dalam tubuh manusia

    b. Roh Allah Hadir

    c. Roh Allah berkarya

    d. Tidak perlu merawat tubuh kita

    16. Keluarga juga memiliki peran dalam pendidikan, di mana keluarga sebagai...

    a. Pendidikan pertama

    b. Arena konflik

    c. Pendidikan terutama

    d. Sumber masalah

    17. Bunyi perintah Allah ke-empat yang adalah “hormatilah ibu dan bapa” hal ini berarti ...

    a. Menghormati orang tua 

    b. Menghormati para guru

    c. Menghormati orang tua kandung saja

    d. Menghormati ibu kandung saja

    18. Manfaat hidup bersama dengan orang lain di lingkungan sekolah adalah ...

    a. Saling mendukung 

    b. Saling menjatuhkan

    c. Mengembangkan diri

    d. Memamerkan kelebihan dan kekayaan 

    19. Salah tugas pelayanan dalam gereja adalah diakonia atau pelayanan. Contoh kegiatan pelayanan Gereja yang benar adalah ...

    a. Membentuk kubu dengan pastor paroki

    b. Memberikan sakramen pengurapan orang sakit

    c. Meminta pastor hanya melayani kita saja

    d. Pastoral sekolah

    III. Menjodohkan (pilihlah pasangan jawaban pada opsi jawaban dengan tepat!)


    Pernyataan 

    Opsi Jawaban


    21.Hanya dimiliki oleh manusia dan tak dimiliki ciptaan lainnya?

    22. Sebagai citra Allah maka sudah sepatutnya manusia

    23  Tak ada gading, yang tak retak

    24. Ketika menghadapi kegagalan atau hambatan

    25. Macam-macam lembaga pendidikan di Indonesia

    26. Usaha secara terus menerus mengembangkan daya kemampuan akal budi, untuk menumbuhkan kemampuan member penilaian cermat, meneruskan tradisi dan warisan budaya, meningkatkan kesadaran tata nilai, menyiapkan siswa mengelolah kejuruan tertentu

    27. Mencapai pembinaan pribadi manusia dalam perspektif tujuan terakhirnya adalah kesejateraan bersama atau Bonum Commune dan mampu menunaikan tugas kewajibannya

    28.Sakramen yang dilaksanakan oleh Gereja untuk menjadikan seseorang masuk dalam komunitas Gereja

    29.Setiap orang dipanggil untuk melaksanakan tugas Gereja dalam hal liturgi gereja yang nampak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di Gereja.

    30. Bidang tugas yang mengantarkan umatnya pada kekudusan

    A. Kerygma


    B. Mengasihi, Menghormati dan menjalin kerukunan

    C. Liturgia

    D. Akal budi, Hati nurani dan Kehendak bebas

    E. Setiap orang punya kelemahan atau tidak sempurna

    F. Tetap berusaha dan menjadikan hambatan jadi peluang sukses

    G. Formal, Informal dan Non Formal


    H. Makna Pendidikan

    I. Tujuan Pendidikan

    J. Baptis

    K. Komunio

    L. Menjadi lector/is, pemazmur, Misdinar dan koor





    IV. Isian (isilah ..... dengan jawaban yang paling tepat)

    31. Manusia hidup berdampingan dengan orang lain, dan membutuhkan orang lain dalam mengembangkan diri. Maka manusia disebut ……

    32. Sebagai Citra Allah, manusia memiliki ……. luhur 

    33. Maka Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, menurut …… Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

    34. Bakat dan kemampuan manusia merupakan …. dari Allah

    35.Setiap manusia tidak sempurna, karena itu maka manusia memiliki ……..

    36. “ Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: ……! Tenanglah !” lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali”

    37. Perilaku manusia dalam menghadapi setiap kesuksesan dan kegagalan adalah selalu ……….kepada Tuhan

    38.Setelah kesepuluh orang kusta menjadi tahir, sembilan orang lainnya langsung kembali ke rumah masing-masing. Namun salah seorang kembali dan mengucapkan …… kepada Yesus.

    39.Segala pengalaman dan kondisi dalam keluarga berpengaruh terhadap ……. Seseorang

    40.Pendidik pertama dan …. adalah orang tua sedangkan sekolah hanyalah pelengkap.

    Sebagai makhluk ….. manusia membutuhkan masyarakat demi perkembangan

    V. Uraian

    41. Jelaskan pengertian manusia makhluk sosial!

    42. Jelaskan pengertian manusia citra Allah!

    43.Sebutkan 3 contoh cara mengembangkan bakat dan kemampuan  diri!

    44.Jelaskan tujuan manusia diciptakan laki-laki dan perempuan yang sederajat oleh Allah!

    45.Sebutkan 3 contoh tindakan yang baik terhadap temanmu di lingkungan sekolah!


  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Pages

Unordered List

Recent Posts